Bandung Kota Lautan Api Penuh Sejarah

Bandung Kota Lautan Api Penuh Sejarah

Bandung yang memiliki julukan kota lautan api ini rupanya pernah terbakar habis pada tahun 1946 yang membuatnya mendapatkan nama tersebut. Namun, banyak sekali sejarah di Bandung yang sekarang telah menjadi memori dan juga cerita yang sangat menarik.

Ternyata emang betul kalau orang bilang bahwa Bandung diciptakan ketika Tuhan tersenyum. Tapi tahukah kamu bahwa ada juga objek wisata di Bandung yang diciptakan karena ada cerita kesedihan dibaliknya?

Bandung emang memiliki banyak banget spot wisata menarik, yang bikin plat B dan plat-plat lainnya gak pernah bosen mengunjungi kota kembang ini, apalagi pas weekend. Alasannya banyak sekali, hanya sekedar mau kulineran, mau belanja baju, mau kunjung pacar, bahkan mau berwisata ke destinasi unik yang mungkin nggak ada di Jakarta. Salah satunya adalah desa wisata Alam Santosa, yang berlokasi nggak jauh dari kota Bandung, hanya sekitar lima belas menit saja.

Percaya nggak sih, dulunya desa wisata Alam Santosa ini dibangun karena rumah pemiliknya yaitu Pak Eka Santosa pernah terendam banjir. Karena rumahnya terendam banjir, Pak Eka penasaran kenapa kok bisa banjir. Taunya setelah diteliti, banyak lahan yang gundul di daerah Bandung bagian timur, yang akhirnya membuat Pak Eka berinisiatif untuk merecovery alam dengan caranya sendiri. Awalnya Pak Eka menanam aneka pohon di lahannya, setelah mulai banyak, Pak Eka membangun bangunan yang tentunya bersinergi dengan alam. Eh makin lama, makin luas deh. Akhirnya dikasih nama Desa Wisata Alam Santosa. Gak heran, kalau mengunjungi Desa Santosa, adem banget! Segala macam pohon ada, lalu ada juga replika rumah adat Sunda, dan masih banyak hal lainnya.

Selain itu banyak kegiatan tradisional yang bisa kita lakukan di sini. Misalnya belajar tari dan musik tradisional, lalu membuat anyaman ataupun mainan tradisional, dan mencoba kuliner tradisional. Cocok banget buat yang pengen outbond atau sekedar team building. Btw, ada camping ground dan villanya juga, jadi bisa sekalian main.

Jadi intinya meskipun kamu sedang bersedih misalnya gegara kebanjiran, tetap aja ada jalan untuk kreatif dan bermanfaat untuk orang lain.

Source : instagram @catatanbackpacker

Ubur – Ubur Indonesia Ramah Kepada Wisatawan

Sudah pernah lihat ubur-ubur yang nggak menyengat belum? Ubur-ubur ini awalnya menyengat lho, tapi karena adanya proses evolusi akibat tak adanya pemangsa, makanya sekarang udah nggak menyengat lagi. Ada beberapa destinasi di Indonesia yang memiliki keunikan ini. Mau tau apa aja? Cuss dibaca!

1. Danau Kakaban, Kepulauan Derawan Kaltim
Mungkin ini yang paling umum ya. Dulu pas saya kesana, ubur-uburnya bermacam-macam bentuknya. Ada yang kotak, rada bulet, warnanya juga beda. Jutaan tahun nih makanya danau Kakaban bisa ngehost ubur-ubur tak menyengat sebanyak ini.


2. Pulau Sembilan, TN Komodo
Kalau di pulau Sembilan ini, warna uburnya unik. Biru-biru gitu banyak tentakelnya. Beruntung saya masih sempat mengunjungi Pulau Sembilan, karena katanya sekarang ubur-uburnya udah ngga ada lagi. Beneran?

3. Danau Mariona, Togean
Nah kalau saya sendiri belum pernah nih ke Danau Marionanya ini. Jadi belum tau, tapi ada beberapa temen-temen saya yang pernah kesana. Katanya sih ubur-uburnya berbintik kemerahan gitu

4. Danau Karwapop dan Danau Lenmakanan, Misool Papua Barat
Nah kalau dua pulau ini… bener deh jauh dari mana-mana. Waktu pas saya ke sini itu emang kudu niat banget. Lokasinya di Misool Raja Ampat, jadi untuk naik ke danau ini aja kita harus ngedaki si bukit Karst! Karena posisi si danau ada di tengah hutan gitu. Tapi dari seluruh danau ubur-ubur yang saya pernah saya kunjungin, Lenmakana sama Karwapop yang terbaik. Ubur-uburnya gede banget, dan jumlahnya banyak banget! Ribuan! Mungkin karena belum begitu tersentuh dan nggak banyak orang yang datang ke sini.

Cerita diatas dikutip dari seorang travel blogger profesional yang bernama Astari Yudha. Ia telah berpetualang mengelilingi Indonesia dan negara lain sejak hampir satu dekade yang lalu. Kali ini ia menjelaskan tentang jenis ubur – ubur di pantai Indonesia yang dapat ditemui oleh para wisatawan pada saat berlibur atau mengunjungi pantai.

Seru juga ya bisa melihat jenis ubur – ubur dari berbagai macam pantai. Yuk telusuri pantai yang ada untuk menemukan jenis ubur-ubur yang lucu dan menggemaskan.

Negara Terbaik Untuk Menikmati Musim Dingin

Musim dingin menjadi salah satu musim yang sangat di impikan oleh para umat penghuni tanah air. Bagaimana tidak ? Negara tercinta kita Indonesia, yang hanya memiliki 2 musim. Yaitu, musim kemarau dan hujan. Tentu saja membuat para masyarakatnya ingin menikmati sensasi berbeda. Yaitu berada di sekeliling salju. Namun hal tersebut pastinya tidak akan pernah terjadi di negara tercinta kita. Maka dari itulah ada beberapa negara yang bisa anda kunjungi dalam menyaksikan dan merasakan musim dingin. Berikut ini adalah kumpulan negara terbaik bagi anda yang ingin menikmati sensasi musim salju.

Negara Dengan Musim Dingin Salju Terbaik Yang Harus Kamu Cobain

Sudah bukan menjadi hal yang lumrah lagi bagi setiap negara yang menyediakan berbagai hal menarik menyambut pergantian musim. Ya, salah satunya adalah musim salju. Anda bisa menyaksikan hal yang tidak akan ada di Indonesia, dalam menghadiri berbagai acara terbaik pada musim dingin ini di berbagai negara. Berikut

  • Jepang

Jepang menjadi salah satu negara yang sangat terkenal dengan budaya dan juga berbagai tradisi yang masih aktif dari dulu sampai sekarang. Jepang sendiri menawarkan berbagai hal yang menarik para wisatawan untuk datang ke tempatnya. Mulai dari musim semi dengan bunga sakura, musim panas dengan berbagai tampilan daun yang indah dan di musim dingin dengan mengelar sebuah pertunjukan ski dan snowboarding.

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menikmati berbagai layanan dengan berendam di kolam pemandian air panas yang sangat angun sekali.

  • Kanada

Kanada merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat kedingan yang sangat tinggi sekali. Hal ini dikarenakan, negara kanada terletak di atas kutub utara, yang pastinya musim disana akan lebih dingin. Meskipun demikian, anda juga tetap bisa merayakan berbagai kegiatan luar biasa.

Anda bisa mendaki gunung es dan juga mencoba bermain di kereta luncur yang sudah di ikat dengan anjing salju. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menikmati berbagai pemandangan yang indah saat malam hari. Ya, kanada menawarkan berbagai panorama indah saat malam hari, dengan berbagai sinar yang pastinya boisa membuat anda takjub.

Awal mula Ondel-Ondel Si Manusia Bertubuh Besar

ondel-ondel awal mula berawal dari rakyat betawi yang di percayai untuk menggusir roh jahat dan senantiasa menjaga semua masyarahat di suatu desa dan di percayai juga dapat memberkati masyarahat di desa tersebut,
ondel ondel tersebut di baut menggunkan anyaman yang tinggi hingga mencapai 2,5 mmeter dan di buat dengan begitu baik sehingga merupai wujud manusia atau rakyat dengan baju dan pernak-pernik khas betawi, dengan menggunkan topeng serta rambut yang di buat menggunakan ijuk dan di kuncirkan dengan ciri khas ondel ondel pria berwajah merah sedangkan yang wanita di cat menggunakan pewarna putih.

pada jaman dahulu ondel ondel di buat agar untuk menolak berbagai bencana dan sial , serta di gunakan juga untuk menyambut orang orang penting di masa lampau yang di paduhkan dengan musik khas pada masa nya.
biasanya alat musik yang di gunakan untuk menemani ondel ondel dalam melakukan pertunjukannya mulai dari gendang yang di mainkan oleh 2 di mana masing masing menggunkan 1 gendang ada juga yang memainkan kentongan serta rebana atau krecekan tah hanya itu kadang ondel ondel juga di paduhkan dengan suara gong, biola dan masa masa lampau bahkan sekarang juga di paduhkan dengan kesenian pencak silat, pencak silat yang terkenal pada masa lampau yang di paduhkan dengan ondel ondel adalah pencak silat bunga kembang.

namun pada masa sekarang ondel ondel hanya dapat di temui di beberapa daerah salah satu nya adalah di jakarta, tak sulit mencari ondel ondel di jakarta khususnya di jalanan. kerap sekali ondel ondel di gunakan untuk mencari nafkah dengan berjalan di sepanjang jalan di jakarta untuk mencari uang yang akan di berikan secara suka rela kepada pemain ondel ondel. dan biasanya di lakukan oleh anak kecil atau pun remaja.

dan berjalannya waktu ondel ondel sekarang telah menajdi bagian dari budaya indonesia yang sanggat membanggakan karena telah di kenal di berbagai daerah dan menjadi wajah ikonik bagi jakarta.
sekian artikel yang memuat tentang ondel-ondel.di harapkan dapat menjadi refrensi bagi yang membaca, terima kasih.

Tempat Wisata Sangat Terpopuler Di Sabang

Sabang merupakan salah satu kota paling barat dan menyimpan dari berbagai keindahan alam yang sangat menakjubkan , tetapi tempat ini membuat semakin banyak orang yang akan di kunjungi .

Sabang ini terletak di pulau Weh dan pulau ini juga memiliki pulau – pulau yang kecil tersebar di bagian sisi utara dan barat , bagi anda yang mencinta pantai anda bisa mengunjungi .

Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di sabang :

  • Wisata pantai iboih , pantai ini sangat terkenal di sabang dan pantai ini juga bisa di bilang menjadi salah satu ikon kota di sabang , situasi yang anda dapatkan dari pantai ini adalah ombak bisa membuat kita menjadi kan tempat yang santai .
  • Wisata pulau rubiah ini adalah tempat wisata yang mempunyai dari berbagai pilihan dan tempat ini anda harus kunjungi karena anda bisa mendapatkan pesona kekayaan alam yang ada di bagian laut ini .
  • Wisata gua sarang ini sering di sebut dengan raja ampat , karena tempat ini mirip dengan gua – gua yang menjadi sarang burung walet dan anda bisa mendapatkan 1 gua yang berada di lokasi perbukitan hutan lindung .
  • Wisata pantai anoi itam tempat wisata ini memiliki pasir hitam dan pasir hitam ini merupakan keluar dari letusan gunung berapi langsung .
  • Pantai ujung kareung ini memiliki suasana yang sangat unik yaitu anda bisa menikmati pemandangan yang jajaran batu karang besar di bagian pasir pantai tersebut .
  • Wisata air terjun pria laot yang letaknya di area hutan dan suasana nya sangat sejuk , kolam memiliki kedalaman sekitar 1.5 sampai dengan 2 m dan anda bisa merendam di wisata sabang ini .
  • Wisata pantai sumur 3 ini memiliki salah satu pemandangan matahari terbit atau juga bisa di sebut dengan sunrise .
  • Wisata danau aneuk laot adalah salah satu danau sangat terbesar di pulau weh dan termasuk sumber air tawar bagi masyarakat di bagian sabang pada saat sedang menjalankan liburan anda bisa datang kesini untuk mengunjungi danau ini .

Semoga Bermanfaat

Destinasi Flamingo Bali Wisata Keluarga

Pada saat ini sedang berbicara tentang sebuah tempat beach club ini ternyata sangat identik dengan suasana yang gemerlap dan juga di penuhi dengan orang tua atau orang dewasa , ternyata beach club ini memiliki salah satu interior warna dengan juga berfasilitas pada saat anak – anak bermain sehingga bisa menjadi salah satu tempat berkumpul keluarga .

Konsep flamingo bali  yang sekarang di kelola oleh bali zoo bisa mengunyuh atmosfer destinasi wisata yang ramah sekarang telah menjadi salah satu fokus utama ,flamingo ini sudah hadir sejak pada tanggal 14 februari 2018 dan menjadi salah satu tempat wisata keluarga yang di kunjungi pada saat berlibur tempat nya di pantai saba anda bisa melihat keindahan di pantai pasir dan memberikan suatu pengalaman dengan yang menyenangkan bersama keluarga tersayang .

Ketika orang tua sedang bersantai juga di temani dengan koktail anak – anak anda bisa bermain pasir dan juga berenang menggunakan pelampung yang berbentuk flamingo .

Selain untuk melihat pemandangan flamingo bali ini juga menghadap ke bagian pulau nusa peninda yang hampir dekat dengan gunung rinjani yang bisa menjulang megah salah satu pemandangan ini bisa memanjakan mara anda dan juga keluarga anda .

Pada kesempatan ini anda bisa berkunjung ke flamingo bali , jika anda memasuki kawasan wisata tersebut maka anda akan di sambut dengan sebuah musik yang sudah bisa terdengar dari kejauhan jika musik nya maka akan semakin sempurna da juga akan semakin menyatu dengan pemandangan tersebut .

Restoran yang di flamingo bali juga mempunyai sebuah cita rasa yang sangat lezat dan dengan harga yang terjangkau di mulai dari berbagai jenis makanan yang di olah dari laut maka anda bisa memikmati moktail atau jus yang segar .

Tempat flamingo bali ini sudah di rancang atau di gabungkan dengan keindahan atau desain yang semakin kekinian maka bisa menyenangkan untuk berbagai orang dewasa atau segala usia sehingga bisa di jadikan tempat untuk kumpul keluarga ,semoga bermanfaat bagi anda .