Ubur – Ubur Indonesia Ramah Kepada Wisatawan

Sudah pernah lihat ubur-ubur yang nggak menyengat belum? Ubur-ubur ini awalnya menyengat lho, tapi karena adanya proses evolusi akibat tak adanya pemangsa, makanya sekarang udah nggak menyengat lagi. Ada beberapa destinasi di Indonesia yang memiliki keunikan ini. Mau tau apa aja? Cuss dibaca!

1. Danau Kakaban, Kepulauan Derawan Kaltim
Mungkin ini yang paling umum ya. Dulu pas saya kesana, ubur-uburnya bermacam-macam bentuknya. Ada yang kotak, rada bulet, warnanya juga beda. Jutaan tahun nih makanya danau Kakaban bisa ngehost ubur-ubur tak menyengat sebanyak ini.


2. Pulau Sembilan, TN Komodo
Kalau di pulau Sembilan ini, warna uburnya unik. Biru-biru gitu banyak tentakelnya. Beruntung saya masih sempat mengunjungi Pulau Sembilan, karena katanya sekarang ubur-uburnya udah ngga ada lagi. Beneran?

3. Danau Mariona, Togean
Nah kalau saya sendiri belum pernah nih ke Danau Marionanya ini. Jadi belum tau, tapi ada beberapa temen-temen saya yang pernah kesana. Katanya sih ubur-uburnya berbintik kemerahan gitu

4. Danau Karwapop dan Danau Lenmakanan, Misool Papua Barat
Nah kalau dua pulau ini… bener deh jauh dari mana-mana. Waktu pas saya ke sini itu emang kudu niat banget. Lokasinya di Misool Raja Ampat, jadi untuk naik ke danau ini aja kita harus ngedaki si bukit Karst! Karena posisi si danau ada di tengah hutan gitu. Tapi dari seluruh danau ubur-ubur yang saya pernah saya kunjungin, Lenmakana sama Karwapop yang terbaik. Ubur-uburnya gede banget, dan jumlahnya banyak banget! Ribuan! Mungkin karena belum begitu tersentuh dan nggak banyak orang yang datang ke sini.

Cerita diatas dikutip dari seorang travel blogger profesional yang bernama Astari Yudha. Ia telah berpetualang mengelilingi Indonesia dan negara lain sejak hampir satu dekade yang lalu. Kali ini ia menjelaskan tentang jenis ubur – ubur di pantai Indonesia yang dapat ditemui oleh para wisatawan pada saat berlibur atau mengunjungi pantai.

Seru juga ya bisa melihat jenis ubur – ubur dari berbagai macam pantai. Yuk telusuri pantai yang ada untuk menemukan jenis ubur-ubur yang lucu dan menggemaskan.